Kiat Sukses dari Teman-teman yang Sukses

Kemarin, bertemu beberapa teman (lama) yang telah menjadi pengusaha sukses. Mereka banyak cerita tentang usaha dan kiat suksesnya. Menarik juga. Rata-rata memang memiliki visi dan cara pandang yang sama, meski menggunakan istilah yang sedikit berbeda,  yang tidak sama dengan kebanyakan teman-temanku yang lain yang sekarang menjadi karyawan.

Seorang teman yang pernah menjadi pegawai dengan 7 juta bersih per bulan (angka untuk beberapa tahun lalu), akhirnya menemukan jalan bahwa tidak sulit bayar karyawannya sebesar itu, asal karyawannya itu dapat menunjukkan hasil kerja yang dapat menguntungkan perusahaan.
Meski pernah motor pun harus terjual untuk kebutuhan hidup, bukan sekedar untuk invetasi, akhirnya sekarang kesuksesannya menjadi kebanggan bagi anak buahnya.
Bagi dia menjaga hubungan dengan orang lain lebih penting daripada keuntungan materi sesaat. Melihat peluang investasi di lingkungan usaha kita, dan segera bertindak memanfaatkannya, akan memberikan hasil yang memuaskan. Kalau kita bisa melihat peluang, dan berjuang memanfaatkannya dengan baik, maka hasil yang besar lebih cepat bisa kita dapatkan. Dan dalam urusan peluang, yang lebih penting adalah dapat memberikan peluang sebesar-besarnya bagi orang lain untuk menggunakan jasa kita, karena keunggulan yang bisa kita berikan.

Sementara seorang teman yang satunya memang orang yang gigih mencoba. Setelah beberapa kali mengembangkan berbagai macam jenis usaha, dan jatuh bangun, saat ini telah menjalani tahap demi tahap kemajuan usahanya.
Bagi dia mencarikan pekerjaan bagi pengangguran adalah lebih penting daripada mencari keuntungan pribadi. Belajar mengelola manajemen sumber daya manusia sangat penting bagi seorang pebisnis. Jangan pernah takut membayar orang, jika ingin bisnis kita lebih besar. Keberhasilan satu bisnis, akan membuka kita untuk mengambil peluang bisnis lain yang lebih besar. Buat sistem yang bagus untuk satu jenis usaha hingga benar-benar jalan dengan baik dan lancar, lalu kembangkan usaha yang lain dan membuat sistemnya.

Teman yang satunya, memang meneruskan keberhasilan orang tuanya. Orang tuanya yang pernah merintis usaha hingga berhasil, kini dia terus mengembangkan usaha itu hingga makin besar.
Bagi dia menjaga record kita di mata mitra (termasuk bank) adalah sangat penting, meski terkadang harus menutupi kerugian dari sumber lain. Yang namanya bisnis tidak mesti selalu untung, namun visi ke depan dan menjaga kontinuitas serta hubungan saling menguntungkan dengan pebisnis lain, rekan kerja, dan semua yang terlibat dalam bisnis kita, lebih penting untuk diperjuangkan. Sangat penting memperhatikan detail dan hal-hal yang kecil-kecil, karena hal yang kecil jika volumenya besar atau berulang-ulang akan sangat besar efeknya.

Bagi pengusaha yang berhasil seperti mereka, akan selalu membuka kesempatan kerja sama dengan siapa saja yang mau bekerja (berbisnis) dan saling memberikan keuntungan.
Semakin besar suatu bisnis, semakin banyak pula urusan atau kebutuhannya, dan tentu saja semakin banyak pula kesempatan untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan itu, ya, berarti semakin banyak peluang kerja sama dengan pebisnis itu.

Bagi teman-teman yang lain, yang gajinya 7 juta (apa lagi kurang),  jika kita tahu bisnis dan investasi banyak kesempatan untuk bisa mendapatkan yang lebih besar dan lebih cepat, lalu kita bisa menggaji karyawan kita sebesar itu. Memang tidak banyak orang yang bisa berhasil, makanya jika kalian lebih tenang dan lebih nyaman menjadi karyawan, jadilah karyawan yang baik, karena para pengusaha sangat membutuhkan karyawan yang baik untuk kemajuan bisnisnya. Jika ada yang gajinya kecil, terimalah dengan suka hati, karena masih banyak yang penghasilannya lebih kecil lagi, bahkan tidak ada penghasilan yang pasti. Tetaplah bekerja dengan baik, meski banyak keinginan yang harus tertunda, karena para pengusaha selain sangat membutuhkan pekerja yang baik, juga perlu menghemat pengeluaran untuk kelangsungan usahanya.
Bagi teman-teman yang telah berulang kali mencoba bisnis namun belum berhasil, maka selalu ingatlah, bahwa satu saja usaha yang berhasil bisa menutup semua kegagalan kita sebelumnya. Maka jangan pernah berhenti mencoba hingga berhasil. Dan jika kita bisa membuat satu saja usaha yang berhasil dan membuatkan sistem yang bagus untuk usaha kita itu, maka kita akan lebih mudah untuk membuka usaha yang lain dan lebih banyak memberikan kesempatan bagi teman-teman kita untuk mendapatkan pekerjaan dan penghasilan.

Bagi teman-teman yang sudah makmur karena keluarganya, masih banyak yang lebih berguna yang bisa kita lakukan daripada hanya berfoya-foya. Banyak orang lain yang memerlukan pekerjaan dan penghasilan, banyak orang lain yang ingin tumbuh dan berkembang. Jika kita bisa membuat orang lain berkembang lebih baik, maka usaha kita juga akan lebih berkembang lagi. Semakin banyak orang yang kita buat tumbuh, maka pertumbuhan bisnis kita juga semakin pesat. Semakin banyak hasil yang kita dapatkan semakin banyak pula hal-hal yang bisa kita nikmati dan kita bagikan.
 
© 2011 Catatan Afandi Kusuma | www.ok-rek.com | DutaPulsa | OkRek | Facebook | Twitter | BlogRoll