Matahari diselimuti oleh awan yang berada di Bumi?


Kalau ada tulisan di koran harian, "matahari diselimuti awan"
kalimat itu tidak salah, koran itu juga tidak salah, meskipun kita tahu pasti bahwa matahari sangat jauh dari awan yang yang berada diatmosfir bumi. Jadi tidak mungkin matahari diselimuti oleh awan yang ada di bumi, tapi tetap saja kalimat yang digunakan tadi bukanlah kalimat yang salah, karena seperti itulah gaya bahasa yang umum kita gunakan.
Ya, matahari tidak benar-benar diselimuti awan, tapi begitulah gaya bahasa, dan gaya bahasa seperti itu tidak salah, karena memang menggambarkan apa yang tampak oleh kita.

Jika Al Quran mengatakan matahari terbit dan terbenam, memang seperti itulah pandangan kita, dan gaya bahasa seperti itu juga benar. Dan sama sekali tidak bertentangan dengan kenyataan bahwa yang menyebabkan terbit dan terbenam matahari adalah rotasi bumi.

Seperti juga yang termuat dalam Q.18:86 "Hingga apabila dia telah sampai ke tempat terbenam matahari, dia melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, ..."

Tidak salah dia melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, dan kalimat yang digunakan oleh Al Quran juga tidak salah dalam menggunakan bahasa, meskipun kita tahu pasti bahwa bukanya matahari tenggelam di laut, tapi hanya pandangan dia yang menyaksikan matahari itu tenggelam.

Sekali lagi,

kalimat "matahari tertutup awan" bukanlah kalimat yang salah, meskipun kita tahu yang tertutup adalah pandangan kita, karena kita tahu pasti bahwa dari tempat lain, matahari masih terlihat. Matahari tidak benar-benar ditutupi oleh awan, melainkan antara mata kita dan matahari tertutup oleh awan. Sedangkan matahari sendiri jauh sekali dari awan itu. Dan dengan mudah kita juga bisa tahu bahwa dari tempat lain, matahari masih terlihat tanpa awan yang menutupi. Meskipun kita tahu dengan pasti kenyataannya tidak ada awan yang menutupi matahari di tempat yang jauh di sana, namun kalimat "matahari tertutup awan" bukanlah kalimat yang salah.

Sebagaimana kalimat-kalimat dalam Al Quran dan Al Hadist yang dikutip diatas, berulang kali tertulis, matahari terbit, matahari memiliki garis edar, dan sejenisnya. Kalimat-kalimat itu adalah kalimat yang benar menurut pandangan kita dan menurut gaya bahasa yang biasa kita gunakan. Sebagaimana kebenaran dan bukti dari pandangan kita juga bahwa bumi berotasi, berputar pada porosnya dari barat ke timur, yang menyebabkan terjadinya siang dan malam, yang menyebabkan bintang-bintang dan planet (bukan cuma matahari) terlihat berputar mengelilingi bumi dalam waktu yang hampir bersamaan yakni sehari semalam.

 
© 2017 Catatan Afandi Kusuma | www.ok-rek.com | Furniture.Omasae | JayaSteel | OmaSae | OkRek | Facebook | Twitter | BlogRoll