Jasa Pembuatan Artikel (artikel SEO yang baru dikirim)

Telah dibuat artikel pesanan dari seseorang melalui email dengan judul-judul sebagai berikut:
Rumah Minimalis
Desain Rumah Minimalis
Model Rumah Minimalis
Gambar Rumah Minimalis
Denah Rumah Minimalis

Sebelumnya juga telah dikirim artikel SEO dengan berbagai judul.

Sedangkan judul artikel yang dipesan oleh orang yang sama sebelumnya adalah sebagai berikut:
Baju Muslim
Baju Muslim Modern
Model Baju Muslim
Baju Muslim Terbaru
Baju Muslim Anak
Model Baju Muslim Terbaru
Baju Muslim Murah
Baju Muslim Tanah Abang
Butik Baju Muslim
Baju Muslim Modis

Anda juga dapat memesan artikel SEO dengan judul sesuai keinginan Anda dengan harga yang sangat murah. Berikut daftar harga jasa pembuatan artikel sesuai jumlah kata dalam satu tulisan:
Jumlah kata 
600
500
450
400
350
300
Harga
13.000
11.000
10.000
9.000
8.000
7.000


email : afandi [at ] duwur [dot ] com

RUKO Double 2 lantai dijual Murah (di Sidoarjo)

Dijual Ruko - Murah, 770 jt
Di Komplek Pasar Wisata Tanggulangin Blok D2/01-02,
Desa Kedensari Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo

Lantai 1 : 142 m2
Lantai 2 : 123 m2
Teras : 8 m2
Total : 273 m2

087852580885; 031 3896481; 085 755 090709
cs@omasae.com

Tahun pembuatan : 2002
Tinggi : 6,5 meter
Rangka : Beton
Dinding : Pasangan batu bata diplester dan dicat
Atap : Genteng tanah dengan rangka dari kayu
Lantai : Keramik
Langit-langit : Kalsiboard dicat serta dilengkapi list tepi dari gypsum dicat
Partisi : Pasangan batu bata diplester dan dicat
Jendela-jendela : Kaca dengan kusen dari kayu dipolitur
Pintu-pintu : Pintu frameless dengan rangka aluminium, double triplek dengan kusen dari kayu cat dan dipolitur serta pintu kamar mandi/wc dari pvc
Kamar mandi/wc : Dilengkapi dengan peralatan bermutu standard, dinding dan lantai dilapisi keramik serta kloset jongkok

Aliran Listrik : Dari PLN dengan daya 6.600 watt/220VA
Penyediaan air : Dari sumur bor dan dilengkapi pompa elektrik
AC : Type split sebanyak 4 unit

Penerangan listrik dan pipa-pipa air dan tangga beton dilapisi keramik dengan railing dari besi dicat

Lantai I terdiri dari ruang toko, ruang kasir, ruang kantor, musholla dan 1 kamar mandi/wc
Lantai II terdiri dari 1 kamar tidur, 1 kamar mandi/wc dan gudang

Kondisi baik

Jasa pembuatan Artikel SEO

Artikel SEO

Banyaknya website, blog, toko online yang bermunculan. Hal ini mengakibatkan banyaknya kebutuhan konten untuk mengisi website-website tersebut.
Atikel SEO adalah pilihan untuk bisa membuat website kita update. Namun banyak pemilik website yang terlalu sibuk, bahkan ada yang tidak bisa memulai kata-kata dalam membuat konten.

Beberapa waktu lalu saya mendapat order pembuatan artikel SEO. Karena sedang tidak terlalu banyak kerjaan artikel itu saya tulis sendiri. Biasanya sih, saya berikan teman-teman untuk membuatkannya.

Artikel SEO yang saya tawarkan memang sangat murah. Tujuh ribu rupiah per 300 kata. Dengan order minimal 10 artikel sekali order.

Dalam image berikut adalah salah satu contoh artikel SEO.

Teman-teman ada juga yang memberikan jasa pembuatan artikel?
Atau ada yang membutuhkan artikel SEO?

#ArtikelSEO

http://afandi.ok-rek.com/2013/10/jasa-pembuatan-artikel-seo.html



Anda juga dapat memesan artikel SEO dengan judul sesuai keinginan Anda dengan harga yang sangat murah. Berikut daftar harga jasa pembuatan artikel sesuai jumlah kata dalam satu tulisan:
Jumlah kata 
600
500
450
400
350
300
Harga
13.000
11.000
10.000
9.000
8.000
7.000


email : afandi [at ] duwur [dot ] com

ganteng garai akeh seng ngelerek trus poligami

Davik Dengkul Kropos
Aku sek ngganteng yo rek....?..? He..he..xx


Fitri Dav 
y tetep nyengkur males wes kadung ati loro ha.......

Riva Sartono 
Mb fit... Yayank ku ngamuk ga ngamuk ttp ganteng iku...

Franzindrawin Stratocester 
Mso loro ati og terus??hehehehehehe

Fitri Dav 
wadduh.....pak edi langsung mesem iki langsung dijak andok masakan padang iki ha.......

Riva Sartono 
Hari ini di oleh"i kepiting mb..

Davik Dengkul Kropos 
he..he..xx

Franzindrawin Stratocester 
Kepitinge awas nyupit lho!

Fitri Dav 
wahh........lek iku aq mau omani yo a tak rono ha.... ........ngelek idu sak ngilere,,

Santi Putri 
Mmmmmm menurutku biasa biasa aja sek ganteng bojoku

Franzindrawin Stratocester 
Wah nk ngono calon mantune Bu Santi Putri gk sepiro ngganteng yo!hehehehehehehe

Santi Putri 
Mas franz koyoke yo sek kurang ganteng hrhehe

Franzindrawin Stratocester 
Wah nk ngono aq tk ngoco sk.Nontoki-aq ws ngganteng opo pancet krg ngganteng.Ngoco sk ws pantes opo gk pantes nk kte d'pek mantu wkwkwkwkwkwkwk


Santi Putri 
Berkaca buat cermin diri siiiip mas frsnz

Franzindrawin Stratocester 
Pastina....

Afandi Kusuma 
sik

Afandi Kusuma 
eh... tapi koyo e tambah ngganteng de...

Santi Putri 
Sek koyok ae lho mas Afandi Kusuma durung temenan

Fitri Dav 
wadduh a tak nanges ae.......apa pun yg terjadi ganteng jelek itu relativ tergantung yg melihat yg penting dia bisa jga kepercayaan dan kehormatan ,setia menemani sampai akhir hayat itu uda cukup, kalau ganteng2 garai akeh seng ngelerek trus poligami gara2 g kuat bawa nafsunya tamba sakit hati terbawa mati g bisa sembuh sakit hatinya ibaratnya 1000 penyakit menjadi 1,

Afandi Kusuma 
hehehe temen ga temen sing penting koyo eh...

Afandi Kusuma 
wah.. ga oleh nglarang-nglarang poligami ngunuh iku...

Santi Putri 
Tapi mbk Fitri Dav aku wong elek yo poligami ati" lho

Fitri Dav 
ya memang g ada yg ngelarang,iya kalau bisa adil kalau g bisa itu malah menamba rasa sakit,wanita mana yg mau dimadu klau ada yg mau itu krna terpaksa .

Fitri Dav 
kalau dikit2 g papa bu santi nyawang nasi rawon terus ya bosen sekali kali nyawang soto ha.............

Afandi Kusuma 
Bukan karena terpaksa Mbak Fitri, tapi karena dengki, dan tidak tahu terima kasih.
Kasihan juga masyarakat kita, terlalu banyak belajar dari sekuler, jadi salah kaprah dalam bersikap, seoleh poligami yang membantu dan meringankan wanita itu diubah menjadi 'harus' dibenci wanita.

Santi Putri 
Tapi emang yg namanya wanita kalo cintanya dibagi yo gk enak lho mas Afandi Kusuma

Afandi Kusuma 
Coba, bagaimana kita tidak dikatakan dengki, la wong ada orang yang kita cintai senang bisa menikmati soto, lah kok kita tidak suka.

Coba, bagaimana kita tidak dikatakan tidak tahu terima kasih, lah saat suami dilayani oleh soto, kita bisa bebas jalan-jalan sendiri bersama teman dan keluarga kita, tanpa beban ngurus suami, lah kok kita ga senang.

Santi Putri 
Mariam soto lak an

Afandi Kusuma
Tentu itu kata orang yang belajarnya dari yang salah kaprah lagi Santi.
Coba, apakah kita merasa tidak enak, ketika bapak dan ibu kita memeluk dan mencintai adik atau kakak kita? Apa salahnya dia mencintai adik, selain juga mencintai kita. Kan kita tidak dirugikan dengan cintanya orang tua kita kepada adik kita.

Fitri Dav 
ha.......bener bu santi ,

Afandi Kusuma 
Seperti Davik tidak pantas jika merasa gak enak saat Fitri mencintai putrinya,
demikian juga, mestinya Fitri tidak pantas jika merasa tidak enak saat Davik, bukan hanya mencintai Fitri, tapi juga mencintai anaknya yang lain.

Santi Putri 
Tetep beda mas Afandi Kusuma menilai cinta ayah kpd kakak dan adik kita dan juga cinta antara suami istri tentunya mas afandi menilai dari sudut pandang seorang laki"tapi bagi kaum wanita itu suatu hal yg menyakitkan

Afandi Kusuma 
Coba, kita berpikir jernih, adakah seorang kakak yang menangis dan sangat merasa sakit, ketika ibunya menggendong anak lain (adiknya)?

Apakah dia kakak yang baik?

Adakah kakak yang ikut senang ketika ibunya mencintai anak lain (adiknya)?
Ada.

Fitri Dav 
ya jangan dijadikan 1 ms afandi kalau cinta orang tua kepada anak itu memang sudah dari garisnya , itu darah dagingnya sendiri yg salah mencintai wanita lain yg bkn istrinya

Afandi Kusuma
Bagi pendengki, rasanya sakit sekali, ada orang lain senang tapi dia tidak ikut senang, walau orang lain itu adik sendiri.

Afandi Kusuma
Sangat setuju Fitri Dav, haram bercinta dengan wanita yang bukan istrinya.

Afandi Kusuma 
sama halnya dilarang juga menghalangi suami mencintai istrinya.

Afandi Kusuma 
(percakapan ini jangan dihapus ya, nanti aku salin di blog)

Santi Putri 
Kalo wanita punya rasa skt ketika dimadu itu bkn krn kita punya sifat dengki sy rasa itu sifat ygmanusiawi walaupun Allah menjanjikan surga tetap perasaan skt dan kecewa tdk bs dihindarkan walaupun setiap wanita punya kadar kecewa yg berbeda

Afandi Kusuma 
ya, dengki itu memang manusiawi, seperti contoh ada anak kecil yang tidak rela ibunya menggendong adiknya.

Fitri Dav 
setuju............

Fitri Dav 
semua wanita ingin setia sampai tua hnya dg 1suami

Santi Putri 
Untuk mencapai keikhlasan itu butuh usaha dan tidak mudah dan hal itu aku rasakan ketika mencintai seorang laki" yg sdh bersuami tp begitu besar rasa dosa yg sy rasakan melihat istri dan anak2 nya berteteskan airmata ketika melihat suaminya lbh memilih sy tentu sbg sesama wanita sy tdk tega dan sy hrs ikhlas melepaskan dia kembali kpd keluarganya walaupun sy hrs merasa skt tp paling tdk sy bahagia tdk hidup diatas penderitaan orang lain

Afandi Kusuma 
"Tidak apa ya Kak, sekarang Bunda nggendong adik dulu, nanti kalau adik sudah tidur, ganti Kakak yang didengong oleh Bunda. Mau gendong depan atau belakang?"

Santi Putri 
Tapi tdk mengurangi rasa hormat buat anda yg sdh berpoligami dan dipoligami
Surga menanti anda.......tapi.....bisa adil dalam segala hal baik materi dan rokhani dan harus ingat bahwa yg namanya manusia tdk akan mempunyai rasa adil yg seadil adilnya

Oot Ruswantoro 
Yo sek ganteng lha wong lanang lek wedok yo ayu lek stengah2 iku jenenge bencong..hahaha..



Afandi Kusuma
Santi Putri, apa saja yang perlu adil, telah diatur, yakni yang bersifat lahiriah, misalnya pembagian waktu, tempat tinggal, pakaian, makanan dll, bukan dengan ukuran yang kita karang-karang sendiri misalnya dengan menambahkan rohani, tentu itu membuat kita salah kaprah.

Afandi Kusuma 
"ketika melihat suaminya lbh memilih sy"
itu yang tidak boleh,
mestinya semuanya harus dicintai dengan cinta yang sama.

Ketika kita memiliki anak lagi, kita tetap mencintai kakak-kakaknya, dan cinta kita kepada suami (atau istri) juga tidak berkurang.
Dalam urusan cinta dan perhatian, mestinya kita berlaku seperti memiliki satu anak atau beberapa anak itu.

Fitri Dav 
bener ms oot ,tp bencong jga manusia ha........

Franzindrawin Stratocester
Wah ceritane #Pak_Afandi_Kusuma d'kroyok #Bu_Santri_Putri en #Mbak_Fitri_Dav aq gk elu2.Engko nk aq mbelani Pak Afandi lgs d'coret tko daftar caman kie.
Hehehehehehehehe


Afandi Kusuma 
Franzindrawin, jangan ikut-ikutan poliami,
merepotkan.

Belum lagi kalau istri ga tahu terima kasih, sudah diringankan tugasnya bisa gantian ngurus suami, sedangkan suami lebih berat tugasnya ngurus dua atau tiga istri, eh istri rebutan ingin lebih dimanja.
Belum lagi kalau ada istri yang tidak bisa bersyukur, sudah diberi kesempatan, bebas tugas dari beban ngurus suami sehingga bisa lebih bebas bergaul dengan teman dan saudara, eh, malah gak mau ditinggal.


Franzindrawin Stratocester 
Lha iku kyo lagu bojo loro.

Sedekah tanpa repot mengantar (Menanam tanpa repot Memetik)

Di depan sebuah rumah yang bagus, tumbuh subur beberapa pohon yang cukup besar. Kepada yang punya rumah, aku bertanya, "kenapa tidak menanam pohon yang ada buahnya, misalnya mangga." "Untuk apa? Lah meski ada buahnya kita juga tidak ikut memanen" kata yang punya rumah, yang juga seorang sahabatku.

Di tempat lain, Abbi bercerita, bahwa beliau menanyakan kepada orang yang sedang menebang pohon mangga di tanah miliknya sendiri, namun orang itu tinggal agak jauh dari situ. "Yang mengambil buahnya juga bukan aku, tapi maling-maling kecil itu" begitu alasan orang itu menebang pohon yang biasanya berbuah lebat.

Di satu sisi, banyak diantara kita yang mudah sekali mengambil milik orang lain, tanpa takut pemiliknya itu tidak ridlo. Di lain pihak, banyak diantara kita yang mudah sekali tidak ridlo jika milik kita dimanfaatkan oleh orang lain.

Abbi mengatakan pada orang yang menebang tanamannya sendiri itu, "Kalau kamu tebang pohon itu, kamu sama sekali tidak akan memanen mangga. Tapi kalau kamu biarkan saja pohon yang sudah kamu tanam itu, maka ada kesempatan kamu bisa memanennya."

Sedangkan sebelumnya, yang aku katakan kepada sahabatku tadi "Berhubung kamu tidak ikut memanen itulah, kesempatan kamu untuk sedekah" "Tapi...", jawab sahabatku, tanpa bisa melanjutkan kata-katanya. Aku tahu, dia sangat baik pada saudara, dan teman-temannya, tapi mungkin jengkel, jika dia repot-repot menanam, tapi yang memetik buahnya adalah anak-anak di kampungnya.

Begitulah, banyak diantara kita enggan bersedekah dengan mudah. Bersedekah tanpa repot mengantar kepada yang membutuhkan. Bahkan kita tidak mau 'menanam' sesuatu yang menghasilkan, jika itu nanti hanya dimanfaatkan oleh orang lain yang tidak kita kenal. Padahal itu bisa menjadi sedekah kita, bahkan jika yang memanfaatkan itu seekor burung sekalipun, itu adalah sedekah kita. Bahkan ada orang yang rela 'kehilangan' asal tidak memberi. Menebang 'pohon'-nya sendiri.

Ya, tidak semua orang seperti itu. Misalnya Ummi yang ketika ada orang membeli buah mangganya, beliau ambilkan dari pohon yang ada di belakang. "Oh, yang di depan, yang di dekat jalan itu, untuk diambil orang-orang yang lewat." begitu jawab Ummi, ketika ada yang bertanya. "Atau kalau ada tamu biar bisa memetik sendiri."

Pilihan kita. Ingin bermanfaat, atau tidak mau dimanfaatkan. Berpikir "kok enak, aku yang 'menanam' kok orang lain yang 'memetik'" ataukah "sedekah tanpa repot mengantar".

"Tuhan, jadikan kami termasuk golongan orang-orang yang ikhlas"





Ayuna Fitria Fadjrin 
padahal itu ladang untuk beramal... hidup jangan terlalu pelit...


NV Harjosuwitoe 
kita jangan melihat dari satu sisi saja . . .? Polapikir sese orang tentu berbeda tergantung mereka dari cara pandang negatif atau positif


Maivira Syakhi
Lha saya nanam pisang kepok di sini malah di babat saudara, tp anehnya org itu sering bilang saya ga bisa makan, laper ?, ...& klo saya udah panen pisang yg di halaman depan, dia yg menghabiskan, ha ha ha


Afandi Kusuma 
oh ya.. ada yang ketiga...
'takut' sekali 'tanaman' kita dimanfaatkan orang lain tapi suka sekali memanfaatkan 'tanaman' orang lain.


Maivira Syakhi 

Kalo kita gemar menanam pohon yg berbuah, itu ladang pahala kita tanpa harus susah membuat buah tsb, karna yg bekerja membuat buah tsb adalah gusti Alloh ta'ala, coba klo beli di pasar, hrs pake uang, kerja dulu, ...yah, ...


Afandi Kusuma 
“Tidaklah seorang muslim menanam suatu tanaman melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Muslim Hadits no.1552)


Afandi Kusuma 
“Tidaklah seorang muslim menanam pohon, tidak pula menanam tanaman kemudian hasil tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia atau binatang melainkan (tanaman tersebut) menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Bukhari hadits no.2321)


Afandi Kusuma 
“Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu tanaman itu dimakan manusia, binatang ataupun burung melainkan tanaman itu menjadi sedekah baginya sampai hari kiamat.” (HR. Imam Muslim hadits no.1552(10))


Aditya Rahmat Putra 
pengen jd org yg suka menanam kebaikan, hehehe...


Afandi Kusuma 
Aditya Rahmat Putra ...


Asri Terate 
kt itu berbuat apa sj hrs dg niat mas diniati jaryah dan shodaqoh. itu sdh komplit plit ....dpt dunia dan akhirat,sepiro kelonge diambil orng..niati shodaqoh...tolak balak..wong njupuk mergo pingin lan g duwe..insyaallah smua orng g mau jd orng yg hina..pinginnya mberi klo ada..jelas lipat ganda gantinya.la timbang di potong pohonya g bisa shodaqoh lagi...smg sedikit orng yg pelit bin kikir alias cuuetil. amin


NV Harjosuwitoe 

kita kembali ke bait perbai diatas postingan * aduh ada tamu


Aditya Rahmat Putra 
menarik dulur ! tp utk menjadi org yg bnr2 ihlash jk milik kt d ambil org, amatlah susah dan berat. tp bkn berarti tak bs,kalau hati kt tak bnr2 bersih dan tawakal pd ALLAH. bersyukur ats yg tlh d brikan pd kt.


Umroatul Mufidah 
Jadi keingat kebunnya ortuq yg jarakx beberapa rmh dr rmh q. Tanaman pisang, mangga,singkong slalu ilang ktika da ranum buahnya. .
Ada tetangga yg bilang pencurix adl org dkt rmh q jg. Mungkn krn ortuq ikhlas n ga negur tu org makax kterusan ngambilx.
Beda dg kebunx pak A, pernah daun singkongx dicuri org,dy marah ga karuan n pencurix didamprat abis. .makax kebunx slalu aman. .

Dr sini q brpikir, , jk yg punya tnaman it orangx jahat maka ga ada yg brani mencurix. .


Afandi Kusuma 
Umroatul Mufidah, makanya itu... pilih jadi orang jahat atau jadi orang baik...
hehehe


Harjo 
mas Afandi.q sk s x bc pos smpean hr ni.(tak bc smpe 3 x).ni q mau nambain dikit.mngkin niat prtamat q memang shodahoh,apapun itu bntuknya.ni contoh kcil,ad seseorang yg nanam pisang dgn niat untuk umum(lahan kosong milik desa),siapapun boleh ambil daun jg buahnya.yg q jd ikut kcewa adlh cr seseorang yg ngambil dgn cr sesukanya,dak brfikir mengambil dgn cara merusak pohon itu orang lain jd dak bs ikut menikmatinya.jujur q jd ikut kebawa kecewa,..gmn mnurut mas.ihlas itu sulit ya mas.


Afandi Kusuma 

Harjo beberapa bulan yang lalu saya pernah posting seperti itu. Yang saya tawarkan waktu itu adalah: daun pandan, Serai, daun sirih, daun pisang, dan buah blimbing wuluh.
(insyaAllah hari ini masih ada dan yang saya tawarkan waktu itu masih berlaku)


Rusman Fathoni 
Terima kasih atas cerita yang batyl betul bermanfaat ini


Adi Wasito 
Nang omaku Fan... onok pelem gadung.. manalagi...koplor... kabeh saiki uwo... siap metik.... tapi sek kurang tuwek saiki...



Mac Rahmat Hidayat 
Posting membangun.


Afandi Kusuma 
sip .. sip .. Adi Wasito


Catur Prayogi 
Jadi inget ayat ini. “Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak ada (pula) kesusahan bagi merekai”.(QS:Al-Baqarah.274) Dalam ayat ini Allah menjanjikan bagi siapa saja dari kita yang mau bersedekah, Allah akan memeliharanya dari segala bentuk kekhawatiran dan segala bentuk kesedihan dan kesusahan. Semoga kita semua dijadikan orang yg ikhlas ‘


Arif CancerLeo 
klo prinsip orang2 dulu,pohon yg tumbuh d pekarangan buahx tdk boleh d jual.


Priyo Yulianto 
Wah ini sepertinya sindiran hehehe....


Simon Hermawan Halim 
bener iku masbro, sangat bermanfaat


Afandi Kusuma 
Arif CancerLeo, lalu diapakan? Apalagi kalau banyak.



Afandi Kusuma 
Priyo Yulianto, tidak perlu ada yang merara tersindir, ini untuk kita semua


Afandi Kusuma 
Simon Hermawan Halim, mengenai kepedulian pada sesama dan ikhlas dalam beramal, diajarkan di semua agama.


Arif CancerLeo 

family & tetangga jg bnyak,klo sering2 d kasihkn,ttangga jg bkal KEMBALI KASIH.ntah brupa uang SEADANYA,barang SEADANYA atw senyum SEADANYA...gkgkgk

Contoh pasang SWF untuk Awan Kurniawan

Berikut adalah contoh cara pasang SWF di blog. caranya mudah, tinggal tambahkan code embed saja, setelah filenya kita upload di interner, misalnya di hosting kita.





Pancasila sakti + diskusi Negara Islam di kurikulum pendidikan

Afandi Kusuma
1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila
Bagaimana pendapat teman-teman, jika melihat sekitar kita,
apakah pancasila memang sakti?

Herman Zamani 
seng di maksut SAKTI (kesaktian pancasila) ki opo sak jane?.. rung mudeng ki hhehee..

Ary Purhandoko 
herman@kamu aja gak ngerti pa lagi aku bro/ wkwkwkw

Afandi Kusuma 
Pada tanggal 30 September 1965, terjadi insiden yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S). Insiden ini sendiri masih menjadi perdebatan di tengah lingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif dibelakangnya. Akan tetapi otoritas militer dan kelompok reliji terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis, untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia dan membenarkan peristiwa Pembantaian di Indonesia 1965–1966.
Pada hari itu, enam Jendral dan 1 Kapten serta berberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. Gejolak yang timbul akibat G30S sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. (copy dari Wikipedia)

Yeni Isnaeni Sunardi 
selagi NKRI adalah harga mati, lalu Negeri qt aman damai sentosa...itulah bukti PANCASILA SAKTI.....sekarang marilah qt liat bersama seperti apa...??

Maivira Syakhi 
Yang ada pancasilanya sdh bikin rakyat sakit, & pancasilanya jg sakit krn tdk pernah bisa di jalankan oleh sistem demokrasi ini, ...muspro, gombal, & podo karo goro, ...he he, hanya syari'ah & khilafah janji Alloh & berita gembira dr Rosululloh yg sdh pernah terbuktikan bertahan 1400 th lamanya tanpa ngegombal, ...

Herman Zamani 
waaahhh.. tambah serem bahasane xiixixi... semakin banyak data dan fakta yg di ungkap.. dan yg sudah teruji oleh zaman.. maka dia lah yg jadi pedomanya.. pertanyaan mendasar itu adalah.. apakah orang ( baca ulama) waktu itu berjuang karena pancasila atau ada yg mendasari lagi di hatinya dan fikiranya selain PANCASILA...

Ary Purhandoko 
hemz tak numpang baca"" aja lah

Maivira Syakhi 
Jgn sampai qt merasa aman dalam kema'shiatan & kemunkaran yg merajalela di depan mata, ...mungkin qt butuh membersihkan hati dg rutin mengkaji islam, agar bening mata hati qt & peka thd segala bentuk kemungkaran & kemurkaan Alloh SWT, ...he..he..

Fatim Fitri Ndut 
Menyimak....

Agus Wakhid 
euforia islam itu boleh, dan anda (pun) harus konsekwen dgn perilaku anda sendiri dengan yang guampang guampang saja, yaitu sifat dasar manusia yang positif, seperti sifat yang di punyai Nabi Muhammad : Tidak Dengki, Tidak iri, Tidak sombong, Tidak pernah Bohong, Jiwanya Pemaaf, kalo berbicara enak didengar oleh lawan bicaranya, dst ........ dan anda kalo sudah punya sifat ini dan menyatu dengan perilaku anda, anda tdk usah kampanye,......., tidak usah ngomong banyak-banyak......., orang akan menghormati anda.... dstnya. Keluarga islam selalu mempertaruhkan pendidikan lingkungannya sendiri dulu, dan kalo baik dan bagus ditiru se RT, kalo satu RT bagus, ditirusatu RW, satu Desa, satu Kecamatan, satu Kabupaten..... dstnya.

Agus Wakhid 
Teladan, teladan, teladan,...... itu inti dari hidup dengan kebersamaan, jadi semestinya kita jaga bicara kita, kalo kita ngomong tentang etika dan pendidikan, teladan keluarga kita sendiri tidak bisa jadi contoh, yaaaa mana orang percaya... kita ngomong tentang korupsi.... ternyata terjegal kasus daging sapi .... kita ngomong tentang carilah ilmu walau sampai ke negeri cina..... kita sendiri malas untuk belajar ......

OhNo Chumaidy 
Saat ini "PANCASILA" hanya dibuat seperti mainan anak kecil oleh para pemodal yg sudah masuk di Indonesia ini. Pancasila tidak bisa sepenuhnya menguasai semua isi bumi di Indonesia. Banyak sekali hasil tambang berasal dari Indonesia dibawa lari ke luar negeri tanpa bisa dinikmati rakyat Indonesia keseluruhan. Banyak sekali negara2 yg seharusnya miskin akhirnya bisa kaya karena mampu menikmati kekayaan Indonesia sedang rakyat Indonesia hanya bisa saling meludahi dan saling membunuh karena konspirasi global. Mana kesaktianmu wahai PANCASILA ???

Agus Wakhid 
kata orang siapa bisa kalahkan amerika....... tapi jepang bisa, korea bisa, setelah itu cina bisa, india juga.... dan indonesia sampai kapan, ...... orde baru... meninggali warisan hutang yang luar biasa buesarnya..... dan konsesi-konsesi perijinan tambang dan SDA alam yang luar biasa panjangnya......... banyaknya partai, suku, golongan yang saling beradu untuk menang sendiri, belum lagi antar pribadi........ yang katanya sudah mendapatkan pendidikan akhlak yang baik ............... kita lihat sendiri saat ini,....... apa masih bisa di percaya......?

Afandi Kusuma 
Herman Zamani, yang jelas pada masa merebut kemerdekaan, Pancasila belum ada, dan yang jelas pancasila dikatakan sakti oleh pemerintah orde baru setelah ada "drama 30/S PKI"

OhNo Chumaidy 
Garudane masuk angin gk klambinan neng njobo

Afandi Kusuma 
Maivira Syakhi, Pancasila tidak jelek (hayo mana ajarannya yang jelek) hanya saja jauh lebih baik syariah yang berasal dari Tuhan.
Mungkin kita bisa mempromosikan syariah tanpa mencaci pancasila. Atau paling tidak kita tunjukkan bagaimana pancasila hanya sebagai alat kapitalis dalam membungkam rakyat Indonesia, dan biarkan mereka yang menyimpulkan sendiri dimana jeleknya.

Afandi Kusuma 
OhNo Chumaidy, Pancasila tidak bisa membendung konspirasi global, bahkan malah pancasila itu yang menjadi alat untuk melemahkan rakyat di negeri ini. Rakyat harus diberi ideologi, ideologi yang seolah-olah benar-benar sesuai aspirasi seluruh rakyat, padahal dia sangat lemah untuk dijadikan ideologi.

"Ayo katakan pancasila harga mati (belalah lah mati-matian), tapi kalau tambang emasmu aku ambil, takutlah mati, tapi kalau tambang migasmu aku ambil, jadilah orang yang penurut"

Afandi Kusuma 
Agus Wakhid, bener. Orang yang menganggap pancasila yang hanya buatan manusia sebagai sakti adalah orang yang kurang mendalam belajarnya saja.
Orang yang menganggap aturan yang dibuat manusia bisa lebih baik daripada aturan yang telah ditentukan oleh Tuhan, adalah orang yang kurang belajar saja.
Orang yang menganggap NKRI sebagai harga mati, tapi tidak berani mati untuk merebut kembali Timtim, sekaligus menyatukan nusantara (termasuk malaysia, singapura, brunei) dalam wadah NKRI, dengan 'ideologi'-nya pancasila, itu karena orang itu kurang mendalam saja belajarnya (malas belajar).

OhNo Chumaidy 
Tanggung jawab kita semua agar Pancasila bisa berdiri tegak kembali dengan Tamengnya UUD45. Ketika negara bisa mengayomi fakir miskin dan rakyat terlantar, ketika negara bisa mensejahterakan buruh, ketika negara bisa menguasai sepenuhnya bumi air dan langit beserta isinya untuk kesejahteraan rakyat, ketika negara bisa menegakkan supremasi hukum maka saat itu Pancasila bisa dinamakan Sakti kembali.

Afandi Kusuma 
Agus Wakhid Untuk bisa mengalahkan Amerika dan bahkan menjadi penguasa di muka bumi, kita perlu ideologi yang kokoh. Dan sebagai muslim, kita mestinya tahu, ideologi apa yang paling kokoh itu.

OhNo Chumaidy 
bro ini negara sekuler.

Afandi Kusuma 
@OhNo Chumaidy, semua negara yang ada di dunia, saat ini, adalah negara sekuler, makanya itulah kapitalis (orang yang mementingkan keuntungan dunia bagi pribadi dan kelompoknya) bisa berkuasa.

Agus Wakhid 
P Habibi, karya ilmiahnya banyak, bahkan beberapa item jenis pesawat terbang hak patent nya milik beliau. P Dahlan Iskan, isinya hanya kerja, kerja, kerja, beliau ini tidak hanya di indonesia di segani, tapi di Asia. Begitu juga dengan Jokowi ..... mereka tidak pernah ngomong politik, .....

OhNo Chumaidy 
Agama itu penopang dari suatu sistem negara. Di dunia ini lawan dari kapitalis itu sosialis dan bukan Agama. Kapitalis dan sosialis tidak mengenal agama karena mereka bukan agama tapi sistem ekonomi yg harus dipilih oleh suatu negara. Pancasila ini muncul dari imbas pertarungan Kapitalis dan sosialis tersebut.

Afandi Kusuma 
ya pernah lo Pak @Agus Wakhid, mereka kan menduduki jabatan politik, masak mereka tidak pernah ngomong jabatannya.

Afandi Kusuma 
OhNo Chumaidy, itulah yang diinginkan (paling tidak disenangi) oleh Komunis terutama Kapitalis, Indonesia mesti punya pancasila, negara-negara yang lain juga mesti punya yang lain lagi yang intinya sama yakni campuran kapitalis dan komunis.
Tapi mereka harus menutup rapat-rapat terutama melalui pendidikan formal, yakni Islam.

Karena sesungguhnya Islamlah, ajaran, hukum, ideologi, jalan hidup, dalam bidang pribadi, dalam bidang politik, dalam bidang ekonomi, dan semua hal yang menyangkut urusan hubugan manusia.

(oh ya, untuk yang belum tahu, yang dimaksud Islam disini adalah yang diterapkan oleh Rasulullah saw dan para sahabat, jauh dari yang diterapkan oleh misalnya Arab Saudi, Iran, atau Malaysia)

OhNo Chumaidy 
semua negara Islam yg sudah saling mengakui bahwa penerapannya Islam banget bok... Ternyata ente tidak beda dg yg ente sebutkan, mengakui bahwa syariat Islam pandangan entelah yg paling benar. Arab ? Iran ? Malaysia ? lewat bok

Afandi Kusuma 
OhNo Chumaidy tidak ada hubugannya, antara saya merasa paling benar atau tidak, saya jelek atau tidak, saya sombong atau tidak, tidak ada hubungannya dengan bahwa yang benar ajaran Islam adalah yang diajarkan dan diterapkan oleh Rasulullah dan para sabahatnya, bukan yang diajarkan oleh negara kerajaan seperti Arab Saudi atau yg lainnya itu.
Benar tidak?


OhNo Chumaidy 
Apakah mereka bukan negara Islam juga ? Sekarang tunjukkan negara mana yg sama menerapkan sistem syariat Islam yg sama seperti pikiran sampean.

Afandi Kusuma 
saat ini tidak ada OhNo Chumaidy,
kita tunggu saja, sepertinya Imam Mahdi sudah tidak lama lagi.

OhNo Chumaidy 
walah...negeri diawan toh yowes dilanjut dulu dg yg lain diskusinya.

Afandi Kusuma 
dulu pernah ada, OhNo Chumaidy, sudah tahu kan?

Afandi Kusuma 
kenapa negara yang sekarang itu, meskipun mengaku negara Islam, tapi sebenaranya tidak, karena sebagian sesuai syariah dan sebagian lagi tidak sesuai syariah, dan seperti itu telah dijelaskan dalam Al Quran,
"dengan mengatakan: "Kami beriman kepada yang sebahagian dan kami kafir terhadap sebahagian (yang lain)", serta bermaksud (dengan perkataan itu) mengambil jalan (tengah) di antara yang demikian (iman atau kafir),
merekalah orang-orang yang kafir sebenar-benarnya."
(Q.4:150-151)

Afandi Kusuma 
Memang keberhasilan sistem pendidikan kita yang dikuasi oleh kampitalis dan sekulerisme adalah menyesatkan kita dalam memahami negara Islam. Misalnya, lah jelas-jelas Arab Saudi itu kerajaan lah kok disebut negara Islam.

Lalu kalau ditanya dalam ujian sekolah,
Bentuk negara terdiri dari? Jawabnya 1. monarki, 2. republik.
Sistem pemerintahan terdiri dari? Jawabnya 1. presidensial, 2. parlementer.

Dan Arab Saudi termasuk dalam bentuk negara monarki.
Itu yang diajarkan di sekolah pada kita semua.

Hayo bener tidak?

Tidak disebutkan dalam kurikulum pendidikan kita, bentuk negara dan bentuk pemerintahan Islam. Padahal kita tahu, negara Islam itu pernah diterapkan belasan abad. Tapi kita tidak diajari bagaimana bentuknya.

Hayo, kalau kita hendak benar-benar belajar politik,
belajar sistem negara, sistem pemerintahan, sistem moneter, perlu tidak kita mempelajari semuanya, tidak boleh ada yang disembunyikan?
______________
Mestinya dalam ujian di kurikulum kita kalau ada pertanyaan seperti di atas, maka

Bentuk negara terdiri dari? Jawabnya 1. monarki, 2. republik, 3. islam
Sistem pemerintahan terdiri dari? Jawabnya 1. presidensial, 2. parlementer, 3. islam
Sistem ekonomi terdiri dari? Jawabnya 1. Kapitalis, 2. Sosialis, 3. Islam.

Mestinya kalau benar-benar jujur dan terbuka, pendidikan kita harus mengajarkan itu, biar kita tahu. Dan kalau jawabannya hanya dua yang diajarkan di kurikulum, kita harus bertanya, ada intervensi apa disitu.

Menulis Ide dan Berita

IDE MENULIS

Untuk mendapatkan ide dalam menulis, kita bisa menerapkan konsep 5W + 1 H yang biasa digunakan dalam dunia jurnalistik. Enam pertanyaan mendasar dalam bahasa Inggris, yakni What, Who, When, Where, Why, dan How.

Kita bisa menulis berita dengan mengajukan enam pertanyaan itu, dan membuat jawabannya. Dalam menulis ide, juga bisa menggunakan cara yang sama.

Dengan membuat pertanyaan sebanyak mungkin, namun masih dalam koridor sesuai segmen pembaca dan asumsi-asumsinya, akan mempermudah kita dalam membuat ide apapun.

Berikut contoh penggunaan konsep 5W + 1 H.
1. What
    Apa menulis itu?
    Ide itu apa?
    Apa perbedaan ide dan berita?
    Apa saja yang bisa kita jadikan berita? 
    Apakah syarat menulis berita?

2. Who
    Siapa saja penulis yang sukses?
    Siapa yang bisa menulis ide?
    Apakah saya bisa memulai menulis?

3. When
    Kapan saat yang tepat untuk menulis?
    Kapan saya mendapatkan manfaat dalam menulis ide?

4. Where
    Dimana saja saya mendapatkan referensi untuk menulis?
    Di situs mana saja terdapat panduan dalam menulis?

5.Why 
    Mengapa saya harus menulis?
    Mengapa saya harus menulis tentang tulisan? Apa alasannya?

6. How
    Bagaimana kiat jitu dalam menulis ide?
    Bagaimana mengatasi masalah dalam menulis untuk pertama kali?
    Bagaimana rasanya menjadi penulis terkenal?

Yang kita tulis itu bukanlah kerangka karangan, namun baru potongan ide yang belum tersusun secara sistematis. Namun dengan ini kita bisa membuat sebuah kerangka karangan atau daftar isi yang bagus.

Teman-teman bisa memberikan contoh pertanyaan yang lain?

"Benarkah Nasionalisme Kita telah Terkotak-Kotak ?"

Afandi Kusuma
Ada yang mempertanyakan benarkah nasionalisme kita telah terkotak-kotak.

Oh, apakah kita masih saja tidak terpikir???

Bahkan sejak awal NASIONALISME itu sendirilah yang telah mengotak-ngotak kita. Ide nasionalisme itulah yang telah mengajari kita untuk mengotak-ngotakkan diri.

Nasionalisme itulah yang membuat kita menjadi orang asing bagi Malaysia, bagi Birma, bagi Banglades dan lainnya. Nasionalisme itulah yang membuat kita tidak seperti pulang ke rumah saat umrah dan haji, bahkan jadi orang asing, apakah kita tidak sadar.
Nasionalismelah yang membuat kita mesti tidak peduli dengan yang terjadi di Mesir dan Syiria, apakah kita tidak tahu.
Nasionalismelah yang menjadikan bukan urusan kita saat Afganistan dijajah.

Nasionalisme itulah yang mengajari kita untuk berbeda dari sesama manusia. Justru karena nasionalisme itulah kita terkotak-kotak.


Ayuna Fitria Fadjrin 
Nasionalisme itu justru yang mengotak-kotakkan umat selama ini... sistem yang BOBROK


Teguh Budi Santoso 
hubbul wathon minal iman.....


Afandi Kusuma 
tapi ide manusiallah yang menjadikan Mekkah bukan termasuk wathon kita dan menjadikan kita sebagai orang asing jika pergi ke sana. Begitu Pak Teguh


Afandi Kusuma 
mestinya wathon kita adalah ardhi
(atau bahkan alamin)


Teguh Budi Santoso 
Tidak mengapa. khan di Al Qur'an juga disebutkan bahwa Allah menciptakan kita berbangsa-bangsa.


Afandi Kusuma 
bener Pak Teguh, untuk kenal mengenal, bukan untuk mengkotak-kotakkan diri dengan membuat aturan sendiri-sendiri bagi bangsanya masing-masing


Yayan Ery-Moslemeen Granada-Andalucia 
@Pak Teguh. hubul wathon minal iman itu bukan hadist. Tapi perkataan yang disebarkan kaum freemansory di dunia Islam pada kisaran abad 18.
Dalil Al-Qur'an yang Bapak sebutkan juga bukan dalil untuk nation state (negara bangsa).
Ide nation state atau nasionalisme sendiri berasal dari sekularisme Barat.
Dalam kamus webster tertulis, bahwa salah 1 bagian dari nasionalisme adalah a sense of national cosciousness exalting one nation above all others ( satu perasaan untuk mengagungkan 1 bangsa diatas bangsa-bangsa yang lain). Nah bagaimana ide nation state ini menurut hukum Islam.
Banyak hadist-hadist melarang dan mengecam dengan keras.
Semisal.
Rasulullah bersabda :
bukan dari golongan kami orang-orang yang menyeru kepada ashabiyyah (kebangsaan), dan bukan dari golongan kami orang-orang yang berperang karena ashabiyyah (kebangsaan) serta bukan dari golongan kami orang-orang yang mati karena ashabiyyah (kebangsaan)
(HR. Abu Dawud)
Ikatan di dalam Islam sendiri bukan ikatan nasionalisme tetapi ikatan aqidah dan ukhuwah Islamiyyah.

Teguh Budi Santoso 
ngapunten, saya termasuk orang yg tidak setuju dengan adanya satu kilafah...kalo' tahu arahnya kesitu tentu saya tidak ikut-ikut komen  . Mungkin waktu ngaji dulu saya termasuk santri sing ndablek...hehehhe. Monggo dilanjut...


Yayan Ery-Moslemeen Granada-Andalucia 
Semoga nanti Bapak menangi khilafah ala manhajinubuwwah yang dijanjikan Allah dan Kanjeng Nabi tegak dan Bapak menangi untuk melihat diterapkannya hukum-hukum sang pencipta alam sehingga rahmatan lil alamin benar-benar kita lihat dan kita rasakan.
dan nanti Bapak Teguh akan setuju dengan sendirinya.


Afandi Kusuma 
kenapa tidak setuju Pak Teguh ? Apa salahnya dengan dia?

"Ayah Anarkis"

Andre Koko Hamzah Arfa
pernah gak dengar teriakan
" allahu'akbar" pake peci tapi klakuan bar-bar , ngaku sok pintar orang ditampar-tampar
@ buat FPI stop anarki, klo masih anarki , mending lepas tu lo peci,,,, islam cinta damai bukan cinta kebrutalan,,, FUCK ANARKI!!!!


Afandi Kusuma 
adanya tindak anarki diawali dari saling menyalahkan,
saling mengumpat,
seperti dicontohkan oleh status di atas,
marah,
setelah itu melampiaskan dengan kekerasan


Andre Koko Hamzah Arfa 
sorry bro,,, bkn kata mengumpat tp mengingatkan , kebebasan demokrasi adalah menyampaikan sesuatu yg benar, klo sttus diatas dianggap salah ya aq minta maaf, agama islam tak mengajarkan kekerasan , tp agama islam mengajarkan prsaudaraan, negara ini negara hukum, jd salah & tramat salah klo kita brtindak sendiri , mngatas namakan agama lagi, qt boleh fanatik tp jgn keblinger,,, xie xie bro atas masukannya


Afandi Kusuma 
hehehe sori juga,
tujuan FPI juga mengingatkan, (nahi mungkar)
dan kita sering melihat mereka terlalu 'keras' dalam mengingatkan,
apalagi FPI dimusuhi oleh media (tertentu), dan kita mendapatkan informasi dari musuhnya FPI yakni media (tertentu)


Afandi Kusuma 
jadi dihubungkannya ke media yang memberitakan, bukan ke agama.


Andre Koko Hamzah Arfa 
iya bro ,aq tau musuh FPI adlh media , tp sama sja mereka tlah menodai islam dg kekerasannya
( lebih baik jd preman aja ) , contoh kcilnya begini bro, seorang ayah mengingatkan anaknya masak hrus dg kekerasan ,gak kan? kekerasan skrang dah gk jaman bro,, skrng jamannya dg otak


Afandi Kusuma 
Cukup langsung ditutup saja kemaksiatannya, jika ada kemaksiaatan
tidak perlu keras-keras, pelan-pelan saja,

Kalau tempat maksiat itu menyewa preman,
biarkan preman itu yang melakukan kekerasan,
Lawan preman yang keras-keras itu dengan pelan-pelan saja

Meski ketika melakukan peringatan dengan tenang dan damai tidak diberitakan oleh media, dan hanya saat menangkis serangan preman saja diberitakan, tetap lakukan dengan pelan-pelan nangkisnya.

Kalau menunggu polisi untuk menutup tempat maksiat terlalu lama, karena polisi dibayar oleh pengelola, mungkin perlu juga dengan 'damai' mengatasinya yakni dengan melakukan 'maksiat damai' yaitu membayar polisi lebih besar dari yang dibayar pengelola tempat maksiat


Andre Koko Hamzah Arfa 
hahahaa,,,, biar allah yg tahu bro,,,


Afandi Kusuma 
Kalau memeluk anak sambil menasehati dengan lemah lembut, itu bukan berita bagus.
Tapi kalau ada anak ngamuk-ngamuk mau bakar rumah, lalu anak itu dipaksa untuk tidak melakukan hal itu, nah pemaksaan itu yang bagus untuk dijadikan berita, bila perlu tidak perlu dikasih tahu kalau anak itu ditarik dan diikat karena mau bakar rumah,
cukup diberitakan
"seorang ayah dengan sangat keras menyeret dan mengikat anaknya"

lalu dikomentari: "ayah anarkis"


Cemot Kpk Hidayat 
Ambil hikmaknya dari FPI aja,saya juga gk setuju dgn kekerasan tapi smua itu tumbuh karena lambatnya tindakan penguasa,banyak pembiaran pelanggaran yg terjadi dilakukan dinegara ini hingga rakyat mengesekusi sendiri termasuk FPI,ada baiknya juga yg dilakukannya bisa jadi momok baik bagi penguasa ato rakyat utk berpikir ulang berbuat kemaksiatan,jadi kalo aparat sudah tidak mampu lgi bertindak jangan salahkan rakyat yg akan mengadilinya


Ardan Ariel Hudan 
Negara qt emang negara hukum, tp tdk sedikit penegak hukum yg melanggar hukum, jd jangan salahkan jk rakyat mulai bertindak....

Menentukan Arah Kiblat menggunakan peta Google dan aplikasi Qiblalocator

Berikut tampilan arah kiblat dari peta lokasi yang kita inginkan. Bagus untuk dicoba. Diambil dari qiblalocator.
Arahkan peta pada lokasi yang diinginkan, perbesar ukuran peta dengan klik tanda +
lalu pilih citra Satelit untuk melihat detail lokasi / bangunan.



Langgar dekat rumah Gresik sudah pas,
sedangkan di dalam kamar, arah kiblatnya kurang lebih 6 derajat ke kiri dari searah dinding (atau keramik) yang arah barat laut

Untuk rumah (saya) di Blurukidul, kurang lebih pas arah keramik (tegak lurus dengan dinding di depan)

Dan langgar dekat rumah, yang di utara sungai, arah kiblatnya sudah pas,
langgar yang selatan sungai arah bangunan terlalu kanan dari arah kiblat, selisihnya kurang lebih 7,5 derajat.


.


Arah masjid, baik yang di Blurukidul Sidoarjo, maupun yang di Gending Gresik, sudah pas arah kiblat.

Menentukan Awal Bulan (Ramadhan) dan akhir bulan menggunakan Teknologi

Gambar berikut diambil dari Moonsighting yang menggambarkan wilayah-wilayah yang dapat melihat bulan  (hilal) pada tanggal 8 Juli, 9 Juli dan 10 Juli 2013.  

A. warna hijau : hilal terlihat dengan mata telanjang
B. warna biru muda : hilal dapat dilihat dalam kondisi terbaik
C. warna abu-abu : perlu bantuan alat optik untuk menemukan hilal
D. warna merah : hilal terlihat hanya dengan menggunakan bantuan alat optik
warna hitam : hilal tidak terlihat




Menurut informasi tersebut, hilal tidak akan terlihat pada tanggal 8 Juli 2013. Pada tanggal 9 Juli 2013 akan tampak jelas dari pulau jawa, berarti tanggal 9 mulai tarawih, dan pada 10 Juli mulai puasa.

Dari informasi tersebut, bulan tidak terlihat dari wilayah Eropa Utara.


Berikut gambar wilayah yang dapat melihat hilal pada akhir Ramadhan (1 Syawal / Idul Fitri)




Pada tanggal 8 Agustus hilal akan terlihat dengan mata kepala, berarti hari itu akhir Ramadhan, dan pada 9 Agustus sholat Ied. Demikian menurut informasi dari Moonsighting tersebut.




Uraian berikut dicopy dari http://www.konsultasisyariah.com/hari-selasa-9-juli-2013-tidak-boleh-puasa/

Hari Selasa, 9 Juli 2013, Tidak Boleh Puasa?

Pertanyaan:
Ada hadis yang melarang puasa pada hari syak. apa itu hari syak? dan Apa makna hadis itu? Hari Selasa, Tanggal 9 Juli besok, bolehkah puasa?
Jawaban:
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,
Dari Ammar bin Yasir radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan,
مَنْ صَامَ يَوْمَ الشَّكِّ فَقَدْ عَصَى أَبَا القَاسِمِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
“Siapa yang puasa pada hari syak maka dia telah bermaksiat kepada Abul Qosim (Nabi Muhammad) shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Bukhari secara Muallaq, 3/27).
Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan,
استُدل به على تحريم صوم يوم الشك لأن الصحابي لا يقول ذلك من قبل رأيه فيكون من قبيل المرفوع
“Hadis ini dijadikan dalil haramnya puasa pada hari syak. Karena sahabat Ammar tidak mungkin mengatakan demikian dari pendapat pribadinya, sehingga dihukumi sebagaimana hadis marfu’ (sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam). (Fathul Bari, 4/120).
Apa itu hari syak?
Hari syak adalah tanggal 30 sya’ban, hasil dari penggenapan bulan sya’ban, karena hilal tidak terlihat, baik karena mendung atau karena cuaca yang kurang baik. (As-Syarhul Mumthi’, 6/478).
An-Nawawi mengatakan,
يوم الشك هو يوم الثلاثين من شعبان إذا وقع في ألسنة الناس إنه رؤى ولم يقل عدل إنه رآه
Hari syak adalah tanggal 30 sya’ban, dimana banyak orang membicarakan bahwa hilal sudah terlihat, padahal tidak ada satupun saksi yang adil, dirinya telah melihat. (Al-Majmu’, 6/401).
Hukum puasa pada hari Syak?
Ulama berbeda pendapat tentang hukum puasa syak. Sebagian ulama menilai makruh dan banyak diantara mereka yang mengatakan hukumnya haram.
Ibnul Mundzir menukil keterangan dari para sahabat yang melarang puasa pada hari syak, diantara Umar bin Khatab, Ali bin Abi Thalib, Ibnu Abbas, Ibnu Mas’ud, Ammar, Hudzaifah, Anas bin Malik, dan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhum. Inilah pendapat Syafiiyah dan yang dipilih oleh Ibnul Mundzir dan Ibn Hazm.
Dalam bukunya Al-Muhalla, Ibnu Hazm mengatakan,
ولا يجوز صوم يوم الشك الذي من آخر شعبان
“Tidak boleh puasa pada hari syak, yang merupakan akhir sya’ban” (Al-Muhalla, 4/444).

Puasa Apakah yang Dilarang?

Al-Khithabi mengatakan,
اختلف الناس في معنى النهي عن صيام يوم الشك؛ فقال قومٌ: إنما نهي عن صيامه إذا نوى به أن يكون عن رمضان؛ فأما من نوى به صوم يومٍ من شعبان فهو جائز، وقالت طائفة لا يصام ذلك اليوم عن فرضٍ ولا تطوّع للنهي فيه، وليقع الفصل بذلك بين شعبان ورمضان
Ulama berbeda pendapat tentang maksud dilarang melakukan puasa pada hari syak. Sebagian mengatakan, larangan ini puasa syak jika diniatkan untuk puasa ramadhan, namun jika dia niatkan untuk puasa sya’ban maka itu diperbolehkan. Sementara ulama lain menegaskan, tidak boleh melaksanakan puasa pada hari syak, baik puasa wajib maupun puasa sunah, karena ada larangan dalam hal ini. sehingga hari itu menjadi pemisah antara sya’ban dengan ramadhan.
(Ma’alim As-Sunan, 2/99).

Hari Syak: Antara Pemerintah dan Ormas

Jika terjadi perbedaan antara pemerintah dan ormas, hari syak menjadi pembeda diantara mereka. Adanya ‘hari syak’ menjadi bukti bahwa ketika hilal tidak terlihat karena apapun sebabnya, metode tidak dilanjutkan dengan hisab, namun dilakukan penggenapan sya’ban menjadi 30 hari.
Namun jika ada ormas yang memiliki prinsip, ketika tanggal 29 Sya’ban hilal tidak kelihatan, kemudian beralih ke metode hisab, kemudian hisab menetapkan hilal sudah wujud meskipun belum terlihat, sehingga diputuskan besok adalah puasa, maka selamanya tidak akan ada hari syak dalam kamus fikih ormas ini. Karena semua telah ditekel dengan hisab. Dengan demikian, penggunaan hisab, jelas akan menganulir istilah puasa syak dalam syariat, sehingga hadis di atas tidak lagi berlaku. Dan kita punya kaidah: suatu teori atau prinsip yang menihilkan syariat, berarti dia bukan bagian dari syariat.
Hari selasa, tanggal 9 Juli 2013 adalah tanggal yang menjadi potensi polemik, apakah 30 sya’ban atau tanggal 1 ramadhan. Hasil hisab hakiki Muhammadiyah, telah terjadi ijtima’ jelang Ramadan 1434 H pada pukul 14:15:55 WIB, dan kurang dari 1 derajat.
Dengan menimbang kriteria yang diterapkan pemerintah, imkanur rukyah, sangat potensial terjadi perbedaan. Sangat jauh dari persyaratan untuk bisa terlihat, minimal 2 derajat dan usia bulan 8 jam sejak ijtima’. Sehingga kemungkinan untuk bisa terlihat sangat kecil.
Oleh karena itu, jika malam ini pemerintah memutuskan hilal belum terlihat maka selasa 9 Juli 2013 ditetapkan sebagai tanggal 30 sya’ban. Dan puasa pada hari ini adalah puasa yang terlarang karena itulah puasa hari syak, yang disebut oleh sahabat sebagai puasa maksiat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Allahu a’lam
Dijawab oleh ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina www.KonsultasiSyariah.com)

Percakapan tentang RIBA

Dani Camers
loh, aq blum pengen berhenti diskusi om
aq gk mw Allah melaknat q
mkanya lagi seru2 nya cari kebenaran ini


Afandi Kusuma
sori, barusan aku tinggal beli makanan kucing
coba kamu baca Al Quran tentang riba,
jual beli boleh, riba tdk boleh
banyak orang mengatakan riba sama dengan jual beli
masih dari Quran,
sedekah boleh riba tidak boleh...
dari belajar ku ke berbagai guru mengenai masalah ini...
intinya, sektor riil halal, sektor non riil haram
masihkan kita belum bisa melihat kenapa ekonomi Amerika ambruk : yakni capital gain
(menggelembungnya transaksi sektor non riil = menyamakan riba dengan jual beli)


Afandi Kusuma
Orang-orang yang makan (mengambil) riba[174] tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila[175]. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu[176] (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.


Afandi Kusuma
(Q.2:275)
...disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah ...


Dani Camers
hehehehe
bukannya ekonomi arab juga ambruk om
sek sek om, konteks knpa ayat riba diturunkan om tw gak?
aq pengen tw, knp Allh enurunkan ayat itu. pasti ada msalah yg dihadapi Nabiullah Muhammad SAW


Afandi Kusuma
iya,
karena terlibat riba dengan USD juga
padahal minyaknya kaya
kalau waktu itu itu, riba juga sudah banyak berkembang di kalangan masyarakat, terutama Yahudi...
sesuai isi kitab mereka yg sudah dimodifikasi, boleh mengambil riba pada non Yahudi"
intinya kita tidak boleh mengambil keuntungan dari tukar menukar uang,
pinjam meminjam uang
(sektor non riil)
tapi kalau sedekah, boleh


Dani Camers
yg saya tanyakan konteks terjadinya knp ayat itu diturunkan Allah om
krna sya percaya pasti ada msalah yg trjadi, sehingga Allah menurunkan ayat itu sbagai solusi tntag msalah yg dihadapi nabiullah Muhammad SAW


Afandi Kusuma
saat itu riba berkembang di kalangan masyarakat
juga
makanya di ayatnya, yang sudah terlanjur, jangan diteruskan.
foot note terjemahan ayat yg aku copy tadi:


Afandi Kusuma
[174]. Riba itu ada dua macam: nasiah dan fadhl. Riba nasiah ialah pembayaran lebih yang disyaratkan oleh orang yang meminjamkan. Riba fadhl ialah penukaran suatu barang dengan barang yang sejenis, tetapi lebih banyak jumlahnya karena orang yang menukarkan mensyaratkan demikian, seperti penukaran emas dengan emas, padi dengan padi, dan sebagainya. Riba yang dimaksud dalam ayat ini riba nasiah yang berlipat ganda yang umum terjadi dalam masyarakat Arab zaman jahiliyah.
[175]. Maksudnya: orang yang mengambil riba tidak tenteram jiwanya seperti orang kemasukan syaitan.
[176]. Riba yang sudah diambil (dipungut) sebelum turun ayat ini, boleh tidak dikembalikan.

16:02
Dani Camers
itu makkiyah ato mahdaniyah om ayat tentang riba itu?


Afandi Kusuma
turun di Madinah
kecuali yang di surat Ruum
Ar Ruum
yg di Al baqoroh, Ali Imran, dan An Nisa adalah adalah surat Madaniyyah


Dani Camers

surat2 yang diturunkan Allah di mekkah, kebanyakan frontal dan lagsung menjurus Tauhid. seperti Allahu ahad, Allah itu Esa, Dakwah sirih dsb. intinya tentang Tauhid
Surat2 yg diturunkan di mahdaniyah lebih ke konteks masyarakat krna Rasul sudah memeliki kekuatan lewat adanya piagam madinah dan pjanjian hudaibiyah. oleh sebab itu turun ayat2 yg mengatur struktur sosial msyrakat sprti halnya ayat tentag hukum, ayat tentag politik, ayat tetg al hadid (besi), ayat tentag ekonomi, budaya dan sebagainya.
knp ayat itu diturunkan, krn memang perilaku riba org2 benar2 merusak struktur masyrakat islam yg dibangun Rasul di madinah. klo hal itu dibiarkan mka akn menjadikan msyrakat yg rusak bkan msyrakat madani.
setiap ayat ada substansi nya, dan yg jdi substansi adalah " adanya orag2 borjuis yg me riba kan uang2 k orag2 miskin yg muslim dengan imbalan kembalian ber kali2 lipat"
itu akan menyebabkan kerusakan msyrakat yg makro, hal itu juga akn membuat islam semakin lemah, hal itu jga membuat rakyat miskin mnjad lemah iman krna mreka merasa penguasa (Rasul) tdk bisa memecahkan mslah mereka.
oleh sebab itu riba diharamkan
tpi menurut saya, teks konteks nya sngat berbeda dengan apa yg terjadi dengan valas dan bank kenvensional.
krn mereka sngat membantu perekonomian nasional
sedikit mirip, tp substansi msalah ini berbeda


Afandi Kusuma
"krn mereka sngat membantu perekonomian nasional"
itulah kalimat dan pandangan yang menipu
ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا
mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba
bank itu bukan membantu perekonomian nasional, tapi merampok harta rakyat secara besar-besaran
apa yg dilakukan oleh IMF, BD, untuk membuat kita harus membayar 113 trilun kepada mereka? yg dilakukan mereka hanya menyetempel kertas,
mereka tdk membangun jalan, tidak membuat rumah untuk rakyat, tidak memproduksi makanan untuk orang lapar, tidak
hanya menyetempel kertas.
tapi hanya menyetempel kertas


Dani Camers
tolong dijawab ya om
1. kira2 gimana Indonesia klo gak ada BCA, Mandiri dkk. kalau mw kerjasama internasional gmn y caranya
2. apakah akan ada perusahan2 yg memproduksi suatu barag jika tidak ada bank . para investor akn ketakutan utk mendirikan usaha krn tdk da saving money
3. jenengan bisnis kan . jenengan punya bank konvensional gk , brarti jenengan menghalalkan sbuah tindakan yg jenengan haramkan


Afandi Kusuma
1. harus ada gantinya (misalnya baitul mal)
2. negara memberikan pinjaman tanpa bunga, hanya untuk sektor produktif juga sektor distribusi (selain kemanusiaan dan keadilan)
3. babi pun halal, kalau tidak ada makanan yg lain


Dani Camers
baitul mall juga bank, bank muslim
semua harta islam ditaruh disitu, Gaji Abu bakar dan Umar bin khatab juga di ambil dari situ
permasalahannya, umat islam saat itu tidak melakukan pinjaman dan tidak menyimpan uang di baitul mall.


Afandi Kusuma
tapi kita tidak boleh mengatakan selamanya babi jadi halal


Dani Camers
khan jenengan bisa menyimpan uang di bantal , trus kalau transaksi bisa langsung ketemu dan beri cash money ke oragnya


Afandi Kusuma
4. hanya pengusaha yg serakah yang mesti berhutang untuk memperbesar bisnis (bisa dilakukan dengan kerja sama atau gabungan modal)
tetap saja, harus menyimpan kertas, (meski di bawah bantal)
fungsi bank dan uang utk transaksi dan tukar menukar tidak salah, itu baik dan halal
yang tidak baik dan haram adalah mengambil keutungan (bunga /interest) atas simpanan dan tukar menukar uang
perusahaan yg melayani transfer uang jarak jauh dengan biaya tidak masalah, baik dan halal


Dani Camers
logikanya simple om
" kita akan membuat warung"
1. ada investor
2. ada pelaksana
- investor dapat bagian
- pelaksana dapat bagian
bank juga gtuh
- orang menabung = invest = dapat bagian
- orang yg bekerja = kerja = dapat bagian


Afandi Kusuma
iya.. simpel
bagi hasilnya dari keuntungan, bukan dari modal
kalau bagi hasil dari keutungan, maka berjalan bisnis riil-nya...
intinya begini...


Dani Camers
itu hanya masalah resiko dan kesepakatan saja
eks : saya kasih orag uang 50juta utk membuat warung. saya minta tiap bulan dikasih 1 persen dri uang saya.
kalau orag yg bekerja mau, knp tidak?
" mutualisme"


Afandi Kusuma
itu lah riba
coba kita ganti sistemnya agar jadi tidak riba
tahu tidak bagaimana agar 50jt itu tetap bisa dapat keuntungan, dan juga membantu orang utk usaha, tapi tidak terjadi riba ?


Dani Camers
how?


Afandi Kusuma
intinya, bagi hasil bukan dihitung dari modal, tapi dihitung dari keuntungan
misalnya 50:50 dari keuntungan,
bukan misalnya 1% dari 50jt
sehingga pemilik modal dan pengusaha, saling mengawasi untuk mendapat keuntungan.


Dani Camers
itu hny msalah kesepakatan dan resiko
konteks nya berbeda dengan apa yg dilakukan orag2 yahudi thdap umat islam


Afandi Kusuma
bukan...
itu masalahnya sangat besar
sangat besar
berkah dan neraka
kalau dibandingkan dg Yahudi waktu itu. pinjam uang, lalu dikembalikan dg jumlah yg sama tapi ditambah pemberian misalnya pijet saja, pijetnya sudah haram (riba)


Dani Camers
yahudi, sengaja mengacaukan perekonomian isam dengan cara praktek riba


Afandi Kusuma
kita juga tidak boleh terjebak dengan pandangan seperti itu...
umat Islam yang melakukan itu kepada Yahudi pun, hal itu juga tidak boleh...


Dani Camers
iyah, kalau islam yg melakukan juga tdk boleh. setuju om


Afandi Kusuma
sebenarnya niat mereka, bukan mengacaukan, tapi mendapat keuntungan...


Dani Camers
mendapat keuntungan yg mengacaukan tatanan ekonomi negara madinah
krn mereka orag2 munafik, sebelum kedatangan Muhammad ke Medinah pun mereka adalah pemecah auz dan khajraj
" belajar dri sejarah"


Afandi Kusuma
iya..


Dani Camers
mkasih ilmunya om, sngat bermanfaat  :)


Afandi Kusuma
:)

Trading Forex (Halal atau Haram : Syubhat) Jangan ambil Sektor Non Riil

Dani Camers
pernah denger trading forex om?


Afandi Kusuma
bolak balik
jangan ambil sektor non riel ( : nyerempet haram)


Dani Camers
saya taya apa jawabnya apa


Afandi Kusuma
oh, jawabannya sudah satu langkah lagi ke depan


Dani Camers
berarti pernah tw om?


Afandi Kusuma
itu diatas sdh di tulis "bolak balik"

13:20
Dani Camers
lah, maksud dri non riel. trus nyerempet haram itu apa om?


Afandi Kusuma
ya trading forex itu :
paling tidak syubhat, kalau tidak mau dibilang haram


Dani Camers
syubhat iku apa?


Afandi Kusuma
mending trading, celana bekas, motor bekas, sandal bekas.
Syubhat adalah sesuatu hal yang dirasa kurang jelas antara halal atau haram


Dani Camers
syubhat iku apa om
kenapa kurag jelas, bukankah Allah selalu tegas dan jelas dalam menentukan sebuah perkara om


Afandi Kusuma
Dari an-Nu’man bin Basyir ra berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itupun jelas pula. Diantara kedua macam hal itu ada beberapahal yang syubhat (samar-samar). Sebagian besar manusia tidak dapat mengetahui dengan jelas apa-apa yang subhat itu. Barangsiapa yang menjaga dirinya dari perkara syubhat, maka ia telah melepaskan dirinya dari melakukan sesuatu yang mencemarkan agama serta kehormatannya. Dan barang siapa yang telah jatuh dalam perkara syubhat, maka bisa-bisa jatuhlah ia dalam keharaman, sebagaimana halnya seseorang penggembala yang menggembala di sekitar tempat yang terlarang, hampir saja ternaknya itu makan dari tempat larangan tadi. Ingatlah bahwasannya setiap raja itu memppunyai larangan-larangan. Ingatlah bahwasannya larangan-larangan Allah adalah apa-apa yang diharamkan oleh-Nya” (Muttafaq Alaih)


Dani Camers
jujur om, kalau referensi nya Al-Qur'an sya langsung meng iyakan. itu pun nanti perlu dibedah asbabun nudzul nya serta teks dan konteks nya
kalau masalah hadist, di dalam sejarah di ceritakan bhwa Umar bin khatab di massa ke khalifahan nya membakar semua hadist agr Al-Qur'an yg suci tdk tertukar dengan hadist.
dri situ perlu amat sangat cermat utk mengetahui mana hadist shahih dan mana yg tdak


Afandi Kusuma
hadist itu mutawatir.
intinya kan mudah...
kalau saat kita close dan untung, pasti ada yang rugi karena keuntungan kita itu.
begitu kan dalam jual beli forex itu?


Dani Camers
loh, emang halal-haram logika nya se simple itu ya om?


Afandi Kusuma
ya..
makanya itu kalau masih ragu, berarti masuk syubhat
sudah mata uang itu riba,
jual belinya masuk judi lagi
menurutku haram
mending jual mobil, jual rumah, gitu aja
aku barusan jual air isi ulang galon, aku ambilkan dari depan rumah


Dani Camers
maaf om, aq mw tanya
memang riba itu substansi nya gmn?
bank konvensional itu haram gk?
trus substansi judi itu gmn?
memang forex itu judi yah?


Afandi Kusuma
Fatwa MUI:
Transaksi SWAP yaitu suatu kontrak pembelian atau penjualan valas dengan harga spot yang dikombinasikan dengan pembelian antara penjualan valas yang sama dengan harga forward. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi).
4. Transaksi OPTION yaitu kontrak untuk memperoleh hak dalam rangka membeli atau hak untuk menjual yang tidak harus dilakukan atas sejumlah unit valuta asing pada harga dan jangka waktu atau tanggal akhir tertentu. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi).


Dani Camers
kita beli mangga?
apakah kita yakin manis?
di mall apakah boleh diincipi?
spekulasi, kalau memang logika nya se simple itu
krna di dunia ini gk da sesuatu yg gak spekulasi meskipun 0,000000001 persen


Afandi Kusuma
ya tidak apa kalau kamu mengqiaskan seperti itu..
menurutku jauh beda
ok, aku kasih tahu yang boleh (halal) untuk bisa dibandingkan dalam hal valas
jual beli valas yang halal adalah dengan syarat tunai dan di tempat


Dani Camers
berarti jual beli online haram?


Afandi Kusuma
kalau bukan valas boleh kredit
dan boleh tidak ditempat


Dani Camers
kalau memakai legika jenengan yg diatas berarti kredit juga haram, kan swap


Afandi Kusuma
tidak...
beda urusannya...
kalau soal karena spekulasi itu, menurut MUI, aku cuma copas saja


Dani Camers
khan ada proses biaya inap uang
berarti khan swap om?


Afandi Kusuma
tapi swap itu bukan yg dibisniskan


Dani Camers
hehehehe
sya pribadi gak pernah percaya dengan yg namanya MUI " konteks indonesia"


Afandi Kusuma
ya tdk masalah..
kalau mnurut saya, kita ambil pendapat orang/badan untuk kita ambil dalil dan logikanya..
bukan hanya taklit


Dani Camers
kalau menurut saya
kita punya Al-Qr'an dan "sunnah" Rasul
kita punya logika sehat
kita gunakan itu, pendapat orag lain hnya referen sbgai bahan pertimbangan


Afandi Kusuma
beli valas boleh dan halal hanya jika kita memang perlu valuta itu mungkin karena mau perjalanan luar negeri, bayar utk beli barang dari luar negeri dll. bukan jual beli valas itu yang dibisniskan. (ini pendapat saya)
apalagi dalam trading forex kita tahu, bahwa jika kita untung, pasti ada yang rugi karena keutungan kita itu.
bener tidak?


Dani Camers
mkasih pendapatnya om
untung rugi dalam hidup itu sebuah konskwensi, asal gk melanggar prinsip tauhid dan merusak masyarakat scara makroo


Afandi Kusuma
iya tentu saja...
dalam trading forex kita tahu, bahwa jika kita untung, pasti ada yang rugi karena keutungan kita itu.
bener tidak?


Dani Camers
tergantung
Trading forex melawan market atau melawan broker
krn kalau melawan market itu semacam kompetisi keuangan dunia. Allah suka orag2 yang ber kompetisi dalam kemajuan dunia


Afandi Kusuma
ok...
aku cuma menyampaikan...
kalau tidak mau dibilang haram,
pasti syubhat
trading forex itu


Dani Camers
loh, aq blum pengen berhenti diskusi om
aq gk mw Allah melaknat q
mkanya lagi seru2 nya cari kebenaran ini


Afandi Kusuma
sori, barusan aku tinggal beli makanan kucing
coba kamu baca Al Quran tentang riba,
jual beli boleh, riba tdk boleh
banyak orang mengatakan riba sama dengan jual beli
masih dari Quran,
sedekah boleh riba tidak boleh...
dari belajar ku, ke berbagai guru mengenai masalah ini...
intinya, sektor riil halal, sektor non riil haram
masihkah kita belum bisa melihat kenapa ekonomi Amerika ambruk : yakni capital gain
(menggelembungnya transaksi sektor non riil = menyamakan riba dengan jual beli)


Afandi Kusuma
Orang-orang yang makan (mengambil) riba[174] tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila[175]. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu[176] (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.


Afandi Kusuma
(Q.2:257)
...disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah ...

.Mode Fashion OkRek . . .
 
© 2017 Catatan Afandi Kusuma | www.ok-rek.com | Furniture.Omasae | JayaSteel | OmaSae | OkRek | Facebook | Twitter | BlogRoll