Pondasi Dalam: Pondasi Tiang dan Sumuran

Berdasarkan perkembangannya, bahan pondasi tiang dapat berupa kayu hingga baja tahan karat. Bentuk tampang melintang pondasi tiang dapat beragam, mulai dari bentuk tiang bulat hingga bentuk propil H (Gambar). Berdasarkan cara pembuatannya, pondasi tiang ini dapat berasal dari produk pabrik atau berupa pondasi tiang cor setempat.
 Gambar Tampang dan bahan pondasi tiang, kayu, beton dan baja

Berdasarkan cara penyaluran beban, pondasi tiang dapat dibagi menjadi dua jenis, pondasi tiang yang mengandalkan daya dukung ujung tiang (end bearing), dan pondasi tiang yang mengandalkan gesekan tanah terhadap bahan tiang (friction bearing). Pondasi end bearing menyalurkan beban kolom melalui ujung pondasi ke tanah keras. Pondasi friction bearing dirancang dengan memperhitungkan besar gesekan selimut pondasi untuk menerima beban.

Pondasi tiang diselenggarakan dengan cara membor tanah dan mengisinya dengan adukan beton, serta menanam atau memasang pondasi tiang yang sudah jadi. Pembuatan pondasi dengan mencor beton pada lubang disebut sebagai pondasi tiang cor setempat. Sedang pondasi tiang yang dipasang dengan menanam bahan pondasi jadi disebut sebagai pondasi tiang bor.

Untuk menyambung dengan kolom, pondasi tiang ganda dilakukan dengan membuat plat kaki kolom. Plat tersebut berfungsi pula sebagai pengikat antar pondasi tiang. Tipikal pemasangan pondasi tiang ditunjukkan pada Gambar.
GambarPlat kaki kolom di atas pondasi tiang

Untuk penyelenggaraan pondasi sumuran diperlukan ukuran bor yang lebih besar dari ukuran yang digunakan untuk pondasi tiang. Pondasi sumuran ini dapat berbentuk silinder penuh maupun berbentuk cincin dengan mengisi tanah di dalamnya. Peralatan untuk penyelenggaraan pondasi sumuran ditunjukkan pada gambar.

Bentuk pondasi lain adalah pondasi tiang sistem cor setempat dengan ujung pondasi dibesarkan. Pelaksanaan pembuatan pondasi tersebut dilakukan dengan cara menuang adukan beton dalam lubang pondasi. Sebelum beton mengeras, dilakukan pemberikan tekanan melalui tumbukan. Dengan tumbukan tersebut adukan beton akan menekan tanah dan membuat tampang ujung pondasi tiang menjadi lebih besar. Pondasi tiang ini dikenal dengan sistem Frankie.Tahapan pembuatnnya ditunjukkan pada Gambar .

Cara lain pemasangan pondasi dapat dilakukan dengan cara memancang langsung, tanpa dibor, dalam tanah. Pondasi ini disebut sebagai pondasi tiang pancang (driven pile).

Daya Dukung Tanah untuk Pondasi Dangkal
Selengkapnya tentang PONDASI 
 
© 2011 Catatan Afandi Kusuma | www.ok-rek.com | DutaPulsa | OkRek | Facebook | Twitter | BlogRoll