[iklan]

alumni yang sudah sukses sebagai profesional maupun pengusaha. Berbagi pengalaman

Potensi Alumni

Oleh: Joko Intarto, Jagaters

Idenya sederhana saja: mengundang alumni yang sudah sukses sebagai profesional maupun pengusaha. Berbagi pengalaman kepada juniornya. Setahun sekali. Targetnya siswa kelas 12. Sebagai pembekalan sebelum melanjutkan ke jenjang kuliah. Atau bekerja. Atau berwirausaha.

Program itu saya namakan ‘Cah Purwodadi Menginspirasi’. Forum berbagi pengalaman dalam karir dan bisnis orang-orang sukses dari Purwodadi. Empat orang sahabat saya semasa SMA menyambut gagasan ini dengan antusias.

Gunung Iskandar, teman sebangku yang kini perwira tinggi di TNI AD langsung menjawab, ‘’Siaaaap!’’ Khas tentara.

Agung Wiharto yang sekarang direktur pabrik semen Solusi Bangun Indonesia, nama baru Holcim, menjawab senada. ‘’Karena ini perintah Cak Jokin, saya tidak bisa menolak,’’ jawabnya. Pupung, panggilannya sehari-hari, selalu memanggil saya dengan sebutan Cak Jokin. Bukan JTO.

Agus Wantoro, direktur Waskita Beton Precast, tak kalah gembira. Segera kita meetingkan teknisnya Pak Totok. Ini program yang bagus,’’ katanya. Agus juga punya panggilan khusus untuk saya: Totok. Panggilan saya waktu kecil. Hanya keluarga saya yang menggunakan panggilan ini.

Hasto Kristiyono, komisaris Sewatama, tak mau ketinggalan. Meski sekarang lebih sering tinggal di Tiongkok, Hasto siap berpartisipasi. Apalagi, sharing session ini akan dilakukan secara online. Menggunakan webinar.

Webinar saya pilih sebagai platform seminar. Karena semua narasumbernya orang-orang supersibuk. Terlalu banyak waktu yang dikorbankan kalau harus datang ke Purwodadi.

Dengan menggunakan webinar, pesertanya juga bisa sangat banyak. Bila mau, seluruh sekolah di Purwodadi yang sudah terkoneksi internet bisa mengikuti.

Mengundang alumni sebenarnya bukan asli gagasan saya. Universitas Indonesia sudah melakukannya lebih dulu. Institut Pertanian Bogor juga telah menjalankannya. Saya modifikasi konsep itu menjadi ‘Cah Purwodadi Menginspirasi’. Dengan platform seminar online. Yang bisa mengakomodasi hingga 10.000 user atau lokasi.

Anda boleh meniru ide ini. Mengundang alumni yang sukses untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Mempercepat proses transformasi pada generasi muda. Bila punya kesulitan dalam mempersiapkan hal-hal teknisnya, saya siap membantu.(jto)

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2017 Catatan Afandi Kusuma | www.ok-rek.com | Furniture.Omasae | JayaSteel | OmaSae | Ok-Rek | Facebook | Twitter | DepoAirIsiUlang